Wednesday, December 22, 2010

Facebook Segera Gelontorkan Fitur Transaksi Jual Beli!


 Bayangkan jika Anda bisa mengucapkan selamat ulang tahun sekaligus memberikan kado di waktu yang sama di sebuah situs.

Facebook mewujudkan mimpi Anda. Berdasarkan keterangan Businessweek, perusahaan jejaring sosial ini berencana membuat gebrakan besar di 2011 dengan melayangkan fitur jual beli elektronik atau e-commerce.

Meskipun beberapa situs seperti J.C Penney dan 1-800 Flowers telah menghubungkan produk mereka dengan Facebook, namun jejaring sosial itu ingin meningkatkan ekspansi mereka.
Manajer Facebook telah bertemu dengan 20 perusahaan, berdasarkan keterangan David Fisch yang memimpin bidang kemitraan di Facebook.

Jejaring sosial yang memiliki anggota lebih dari 500 juta orang ini bekerja sama dengan beberapa perusahaan untuk membuat toko elektronik mereka sendiri yang terhubung dengan situs. Perusahaan akan memanfaatkan fitur interaktif di jejaring sosial itu.
Sebenarnya, Facebook telah memiliki sistem spesifik untuk pertukaran moneter yang disebut Facebook Credits di mana anda membeli mata uang virtual dengan uang nyata untuk digunakan dalam permainan dan aplikasi.

Namun, Fisch menyebutkan bahwa fitur itu tidak mampu untuk membeli produk nyata. Meskipun Facebook berjanji tidak akan menarik keuntungan dari fitur ini, mereka berdalih layanan tersebut sebagai cara meningkatkan loyalitas pengguna dan menambah jumlah pengiklan.

Absurd? Mungkin. Tapi saya melihat hal ini bukan hanya dari sisi “like” saja, melainkan dari sisi pergerakan bisnis di dalam facebook sendiri.
Jika nantinya sistem ini bisa diterapkan secara maksimal, Facebook bisa menjadi sebuah marketplace yang sangat besar. Para pengguna bisa jual-beli (pastinya lebih aman daripada FJB Kaskus) secara nyaman dan lebih efektif. Tidak hanya jual beli, Facebook-pun nantinya bisa men-drive Advertising di website mereka agar lebih aktif.

Studi terbaru menunjukkan bahwa 60% penggemar sebuah merek di Facebook lebih sering merekomendasikan merek tersebut setelah mereka tergabung di kelompok Facebook. Bahkan, lebih dari 51% diantaranya menjadi lebih sering menggunakan merek tersebut.
Salah satu analis memperkirakan dalam lima tahun, 15% konsumen yang berada di negara berkembang akan memanfaatkan layanan komersial elektronik, salah satunya dengan Facebook.

No comments:

Post a Comment